Sabtu, 06 April 2013

CARA MEMBUAT TEMPE SEDERHANA

Tahukah anda tentang cara membuat tempe? Tempe merupakan makanan yang telah ada sejak jaman dahulu, pada awalnya tempe tidak hanya terbuat dari kedelai namu juga dari bahan-bahan lain. Sesuai perkembangannya, masyarakat lebih memilih tempe dari kedelai untuk di santap setia hari. Tidak hanyak di Indonesia, tempe telah menyebar luas di seluruh negara.

Kandungan protein yang ada pada tempe hampir sebanding dengan kandungan protein dari daging, maka dari itu banyak yang memilih tempe sebagai alternatif pengganti daging. Untuk mendapatkan hasil yang berkualitas, maka gunakanlah kedelai yang berkualitas pula saat membuatnya. Selain itu, cara mengolah kedelai menjadi tempe pun juga menjadi penentu pada kualitas tempe yang dibuat.

Sebenarnya, cara membuat tempe hanyalah menumbuhkan spora yang mana spora tersebut memiliki kemampuan untuk membuat benang hifa, spora tersebut adalah Rhizopus sp. Benang hiva yang dibuat oleh Rhizopus sp tersebut akan terkait dari kedelai satu dengan yang lain. Selama masa pertumbuhan spora, Rhizopus sp akan menguraikan kandungan yang ada pada tempe seperti protein dan nutrisi untuk tubuh agar mudah di cerna.

Berikut beberapa langkah dan cara membuat tempe dari kedelai :
Bahan-bahan penting :
1. Kedelai yang bersih dan berkualitas (padat dan tidak dihuni ulat)
2. Ragi tempe
3. Daun pisang atau kantong plastik

Alat yang harus anda sediakan :
1. Kompor gas
2. Wadah
3. Alat untuk mengukus atau dandang
4. Kipas
5. Saringan

Langkah-langkah yang harus dilakukan :
1. Sebelum menggunakan alat-alat yang anda sediakan tadi, sebaiknya anda mencucinya terlebih dahulu agar terjaga kehigienisannya.
2. Selain alat yang harus anda cuci, anda juga harus mencuci bahannya (kedelai) dengan air yang mengalir hingga bersih.
3. Setelah anda mencuci kedelai tersebut, rendamlah dengan air bersih selama 12-17 jam. Hal ini harus anda lakukan untuk memudahkan anda mengelupas kullit dari kacang kedelai tersebut.
4. Pisahkan kulit dari kedelai tersebut kemudian cuci kembali dengan air yang bersih.
5. Rebus kedelai menggunakan dandang sampai matang.
6. Setelah matang, kedelai tersebut akan menjadi empuk, anda bisa mengangkatnya dan menaruhnya pada wadah yang lebar. Agar suhu pada kedelai cepat turun, anda bisa menggunakan kipas.
7. Setelah tidak terlalu panas, anda bisa mulai menaburkan ragi pada kedelai tersebut. Anda bisa menggunakan 3 gram ragi untuk 4 kg kedelai.
8. Masukkan kedelai pada wadahnya (kantong plastik maupun daun pisang) lalu biarkan hingga 2 hari.

Demikianlah bagaimana cara membuat tempe sebagai bahan pembelajaran saja buat anda yang penasaran mengenai cara pembuatan tempe.
Sumber

Pengetahuan Umum
Pengetahuan Umum Updated at: 4/06/2013 09:26:00 PM
Pengetahuan Umum
Pengetahuan Umum Updated at: 4/06/2013 09:26:00 PM

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Hallo Sahabat Pengetahuan Umum,Selamat Membaca...Dan Mengambil Manfaatnya, Jangan lupa Komentarnya !
NO SARA
NO LINK LIFE
NO DIRTY WORDS