Minggu, 07 April 2013

CARA MEMBUAT TAPE KETAN HITAM


Cara Membuat Tape Ketan Hitam - Tape ketan hitam atau tapai ketan hitam adalah salah satu dari tiga jenis tape yang paling populer selain tape singkong (tape ubi kayu) dan tape ketan hijau (kadang disebut tape ketan). Tape ketan hitam selain dimakan langsung juga dikenal sebagai bahan tambahan pada beberapa jenis makanan khas seperti lemang (atau lamang) dan ketan (atau uli). Tape ketan hitam juga banyak ditambahkan pada beberapa jenis kue dan minuman es campur. Bagaimana cara membuat tape ketan hitam?

Bahan-bahan yang di perlukan:

  • 500 gr ketan hitam
  • 2 butir ragi tape, haluskan
  • 3 sdm gula pasir halus (opsional)

Cara Membuat tape ketan hitam:

  1. Cuci beras ketan hingga bersih, kemudian rendam semalaman (10 – 12 jam). Tujuan perendaman ini agar nasi ketan menjadi lebih mengembang dan lunak.
  2. Cuci lagi beras ketan sampai bersih. Kukus beras ketan menggunakan panci kukus hingga tepat matang (tidak terlalu matang), Angkat.
  3. Tuang dan ratakan dalam nampan, biarkan terbuka dan tunggu setidaknya 2 jam hingga dingin.
  4. Siapkan wadah penyimpanan tape. Ratakan selapis ketan hitam dalam wadah. Taburkan ragi halus secara merata. Taburkan juga gula halus secukupnya jika suka (catatan: tanpa gula sekalipun tape yang sudah jadi akan terasa manis, karena memang mengandung glukosa dan alkohol dari beras ketan hitam).
  5. Tambahkan ketan selapis lagi, lalu taburkan lagi ragi halus secara merata. Demikian seterusnya. Tujuan membuat lapisan-lapisan ini adalah untuk meratakan proses fermentasi.
  6. Tutup rapat dan simpan selama 3 hari.
  7. Tape ketan hitam siap dikonsumsi atau diolah lebih lanjut.
Selamat mencoba..!
SUMBER

Pengetahuan Umum
Pengetahuan Umum Updated at: 4/07/2013 02:05:00 PM
Pengetahuan Umum
Pengetahuan Umum Updated at: 4/07/2013 02:05:00 PM

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Hallo Sahabat Pengetahuan Umum,Selamat Membaca...Dan Mengambil Manfaatnya, Jangan lupa Komentarnya !
NO SARA
NO LINK LIFE
NO DIRTY WORDS