Selasa, 23 April 2013

CARA MEMBUAT SABUN DETERGEN

Salah satu kegiatan wajib dalam rumah tangga adalah mencuci, baik itu pakaian, piring, gelas dan benda-benda rumah tangga lainnya. Ketika mencuci salah satu benda yang pada umumnya kita pakai adalah sabun, karena benda ini mampu membersihkan kotoran dengan baik dan juga dipercaya bisa membunuh kuman-kuman yang menempel pada suatu benda.

Sabun dimasa sekarang sudah tentu sangat mudah kita dapatkan disemua warung, toko, dan lain-lain, dengan berbagai merk yang ditawarkan maupun jenis untuk keperluannya. Pada umumnya sabun akan berbusa jika tercampur dengan air dan baunya harum sehingga benda ini tidak hanya berfungsi sebagai pembersih namun juga bisa mengharumkan suatu benda.

Berdasarkan sumber di Wikipedia, sejarah dari sabun diperkirakan sudah ada sejak jaman Babilonia Kuno pada tahun 2800 SM, dengan ditemukannya sebuah benda yang mirip dengan sabun berbentuk tabung. Sedangkan pada era jaman modern deterjen sintetik pertama berkembang di Jerman pada masa Perang Dunia I, kemudian produksi deterjen untuk rumah tangga pertama kali di Amerika Serikat dimulai pada awal tahun 1930-an, dan awal mula detergen digunakan untuk memenuhi kebutuhan dalam mencuci piring dan pakaian pada tahun 1946.

Walaupun di jaman serba modern seperti sekarang ini, sabun detergen sudah sangat mudah untuk kita dapatkan, namun tidak salahnya jika kita juga mencoba untuk membuatnya sendiri. Bagi anda yang tertarik untuk membuatnya namun belum tahu cara dan resepnya, anda bisa baca uraian yang ada dibawah ini.

Bahan-bahan yang dibutuhkan :
Coustic soda 20 gram
Soda ash 1/2 ons
Air hangat 3 gelas
Woterglass 50 gram
STPP 25 gram
Pemutih 3 Gram
Marlon/ABS 250 gram
Pewangi 5 cc
CMC 25 gram
pewarna secukupnya

Cara membuatnya :
1. Silahkan siapkan wadah seperti ember, kemudian masukan air dan bahan-bahan lainnya, kecuali CMC, pewangi dan ABS. Jika sudah aduklah hingga merata
2. Siapkan wadah lagi kemudian masukan dua bahan yang belum di campur yaitu CMC dan ABS/Marlon, kemudian aduk hingga mengembang.
3. Masukan adonan pertama ke wadah adonan kedua, masukan sedikit-demi sedikit sambail diaduk dengan kuat hingga mengental
4. Jika semuanya sudah masukan bahan pewangi kemudian aduklah hingga merata. Sekarang sabun detergen anda sudah jadi
5. Jika anda ingin membuatnya lebih banyak kalikan saja dengan kelipatan untuk masing-masing takaran diatas.
SUMBER

Pengetahuan Umum
Pengetahuan Umum Updated at: 4/23/2013 06:57:00 AM
Pengetahuan Umum
Pengetahuan Umum Updated at: 4/23/2013 06:57:00 AM

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Hallo Sahabat Pengetahuan Umum,Selamat Membaca...Dan Mengambil Manfaatnya, Jangan lupa Komentarnya !
NO SARA
NO LINK LIFE
NO DIRTY WORDS